Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan di Blibli.com

Penyelenggaraan jaminan kesehatan dari pemerintah yaitu BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat Indonesia. Penjaminan kesehatan dapat dipertanggungjawabkan apabila masyarakat mendaftar dan rutin membayar iuran yang dilakukan setiap bulan. Dengan begitu masyarakat yang terdaftar akan mendapatkan jaminan kesehatan dan dapat menggunakannya di lembaga kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit.

Iuran ini menjadi pembayaran wajib dilakukan dan jangan sampai ada keterlambatan karena dapat menghanguskan kartu peserta dengan mengubah status menjadi non-aktif. Dengan hangusnya kartu secara otomatis tanggungan berobat di puskesmas atau rumah sakit akan terhenti dan tidak bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Padahal untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online, dan salah satunya menggunakan aplikasi bernama Blibli.

Blibli merupakan aplikasi perdagangan selain untuk jual beli secara online, aplikasi ini juga bekerja sama dengan pemerintah terkait pembayaran BPJS. Sistem yang diperlukan untuk bayar BPJS Online di Blibli tidak lah rumit, dan banyak opsi yang dapat dilakukan. Terkait seperti apa caranya, langsung saja kita korek informasi yang sudah tersaji dibawah ini.

Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan di Blibli.com

Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan di Blibli.com

Kabar terbaru dari BPJS kesehatan, disini pemerintah melakukan pembaruan terhadap berbagai kebijakan BPJS Kesehatan termasuk dengan iuran yang memiliki nominal berbeda dengan waktu lalu. Disini iuran BPJS mengalami penaikan angka dengan menjadikan kelas 1 menjadi Rp160ribu, kelas 2 berubah jadi Rp110ribu, dan yang kelas ke 3 sebesar Rp42ribu. Jadi jangan kaget kalau ada kenaikan tagihan BPJS Kesehatan dini, dan untuk membayarkan tagihan lakukan caranya seperti ini.

Bayar BPJS Kesehatan via Dekstop

Opsi pertama membayar iuran BPJS Kesehatan lewat Blibli via dekstop, maksudnya disini kita dapat menggunakan komputer atau laptop sebagai sarana perangkat yang dapat digunakan dalam membayarkan iuran tersebut. Untuk caranya kita langsung saja buka situs blibli.com. Ketika situs sudah terbuka dengan ada berbagai barang dan fitur didalamnya, kita arahkan kursor mouse ke Kategori lalu pilih menu BPJS.

Bagi yang tidak ketemu dengan fitur ini, jadi pilihan kategori yang dipilih bukan fitur belanja seperti kategori di sebelah kolom pencarian. Melainkan fitur kategori yang ada dibawah yang terdapat pula berbagai fitur seperti beli pulsa, bayar listrik, dan lainnya. Jika sudah ketemu, langsung saja klik menu BPJS Kesehatan. Nanti sesudah pilih menu tersebut akan ada kolom yang perlu diisi diantaranya nomor peserta serta pilihan periode untuk menentukan pembayaran untuk bulan apa.

Jika nomor dan periode sudah diisi, klik Lihat Tagihan. Posisinya ada dibagian bawah sebelah kanan. Sesudah itu sistem akan memberikan informasi terkait iuran yang perlu dibayarkan terhadap BPJS Kesehatan anda. Apabila kita hanya ingin memeriksa tagihan pada bulan ini saja, maka proses nya cukup sampai disini. Karena sesudah klik Lihat Tagihan tadi, anda akan dibawa ke menu pembayaran terhadap iuran BPJS Kesehatan, jika ingin melanjutkan pembayaran, anda dapat lakukan disini dengan memilih pembayaran via apa.

Bayar BPJS Kesehatan via Mobile Web

Sama seperti diatas hanya saja disini situs yang dikunjungi berbasis mobile alias di smartphone yang kita gunakan. Untuk caranya sama saja, karena ini merupakan situs mobile jadi perbedaannya tidak jauh dari versi dekstop. Disini untuk melakukan pembayaran pada BPJS Kesehatan, kita akses terlebih dahulu situs blibli.com. Dan jika sudah terbuka nanti akan ada beragam tampilan dan salah satunya adalah fitur kategori. Disini kategori yang dipilih bukan berada si status bar situs, melainkan kita main cepat dengan memilih fitur kategori yang terdapat pada fitur beli pulsa, token listrik, dan lainnya. Pada kategori ini pilih semua dan klik BPJS. Jika sudah, disini kita perlu memasukkan nomor BPJS Kesehatan dan mengisi periode pada bulan apa iuran BPJS dibayarkan. Jika nomor dan periode yang ditentukan sudah terisi, nanti akan ada nominal iuran yang harus dibayarkan. Nah untuk menindak lanjuti pembayaran BPJS Kesehatan, klik Lihat Tagihan dan nanti anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Disini untuk menyelesaikan pembayaran BPJS anda, langsung saja bayar dengan menentukan pembayaran melalui jalur yang diinginkan.

Bayar BPJS Kesehatan via Aplikasi

Untuk yang terakhir pada opsi ini kita perlu memasang terlebih dahulu aplikasi Blibli yang dapat anda instal di Smartphone. Setelah itu daftar akun kalau belum punya dan jika sudah bisa langsung login. Setelah berhasil masuk akun, pada tampilan utama aplikasi Blibli disini akan ada beragam menu dengan pilihan untuk berbelanja. Dan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan kita tidak pilih menu belanja, melainkan menu kategori yang ada pilihan bayar listrik atau pulsa. Pada kategori pilih semua dan klik BPJS Kesehatan.

Kemudian kita akan dibawah ke halaman yang mengharuskan mengisi nomor dan periode bayar BPJS Kesehatan, isi semua keperluan pada kolom tersebut dan setelah sesuai dan benar nanti akan muncul nominal pembayaran yang menjadi tagihan iuran anda. Pada pengecekan nominal yang diberikan dengan kisaran tersebut, untuk membayar iuran tersebut klik "Bayar Sekarang". Pada saat itu, kita secara otomatis akan dibawa ke halaman yang memberikan metode pembayaran dengan cara dan melalui apa.

Metode Bayar BPJS Kesehatan di Blibli

Setelah mengetahui cara untuk membayar BPJS Kesehatan lewat situs dan aplikasi blibli, disini tahap selanjutnya adalah pembayaran. Karena cara diatas merupakan langkah yang hanya digunakan untuk melakukan pembayaran via Blibli, jadi metode pembayaran yang digunakan tidak lengkap kalau tidak sekalian diberitahukan caranya. Untuk itu disini metode pembayaran yang dapat dilakukan ada beragam pilihan yang tentunya mudah dan cepat dilakukan.

Diantara metode tersebut, kita dapat membayar iuran BPJS Kesahatan dengan mentransfer uang melalui ATM, M-Banking, Alfamart, Indomaret, ataupun lewat payment dari saldo Blibli bernama BLIPAY. Dengan beragam pilihan yang dapat dilakukan dari setiap metode, pembayaran BPJS Kesehatan lewat blibli tidaklah sulit. Kalau belum pernah dan tidak tau cara melakukan pembayaran, anda tenang saja.

Sebab pada saat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, Blibli menyertakan cara dari setiap metode. Dengan demikian pula membayar BPJS Kesehatan lewat Blibli sangat mudah, praktis, dan cepat dilakukan. Selain itu dengan menggunakan voucher atau kupon yang dimiliki, terkadang berbagai pembayaran yang dilakukan lewat Blibli akan mendapat potongan hingga cashback sekian persen dari total pembayaran.

Alhasil tentu sangat menguntungkan dan dapat menghemat pengeluaran. Untuk mendapatkan promo dari Blibli, biasanya anda perlu klaim terlebih dahulu atau bisa saja disertakan sebelum adanya transaksi. Untuk promo berupa voucher dari blibli dapat anda temui dengan beragam pilihan, untuk mendapatkan promo tersebut segera klaim karena ada batas waktu penggunaan voucher dapat digunakan. Dan bagi yang ketinggalan voucher, anda tidak usah risau karena dengan hangusnya voucher barusan. Blibli akan mengadakan voucher lagi tentu dengan durasi dan pilihan berbeda. Jadi buruan bayar BPJS Kesehatan di Blibli dan raih keuntungan dengan berbagai potongan dan cashback yang diberikan.