Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru dan Terlengkap Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat Website Anda

Untuk meningkatkan peringkat website tidaklah bisa dilakukan dengan berleha-leha. Mesti ada upaya untuk mewujudkannya. Siapa sih yang tak ingin mempunyai website atau blog dengan peringkat paling atas di mesin telusur Google? Pastinya setiap pemilik blog atau website mengharapkan semua itu terjadi. Karena akan banyak keuntungan yang didapatkan.

Cara Terbaru dan Terlengkap Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat Website Anda

Keuntungan Mempunyai Website Peringkat Teratas

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki website dengan peringkat teratas di search engine Google atau yahoo, antara lain:

1. Meningkatkan pengunjung Dengan peringkat website berada di urutan teratas mesin pencarian maka akan membuat website anda lebih banyak dikunjungi orang berdasarkan kata kunci tertentu. Berdasarkan penelitian bahwa orang yang mencari informasi di mesin pencarian maka akan lebih memilih website yang berada di urutan pertama. Kemudian kalau tak mendapatkan informasi yang dibutuhkan maka mencari di website berada di urutan kedua dan selanjutnya.

2. Meningkatkan Penjualan Semakin banyak trafik di blog atau web toko online akan meningkatkan konversi penjualan. Misalkan tingkat konversi blog toko online adalah 10 : 1. Dari sepuluh pengunjung maka akan terjadi satu penjualan. Dengan pengunjung semakin besar maka penjualan akan semakin banyak.

3. Meningkatkan Penghasilan Salah satu kaidah dalam bisnis online sebagai publisher berlaku istilah “semakin banyak trafik maka semakin banyak earning atau penghasilan”. Sebaliknya, semakin sedikit trafik maka semakin sedikit penghasilan. Untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari profesi sebagai publisher online seperti endorse atau google adsense dibutuhkan trafik yang sangat besar.

Cara Cek Peringkat Website

Untuk mengetahui peringkat atau ranking website anda di mesin pencarian google maka anda dapat menggunakan beberapa tool berikut ini :

  1. SEMRush
  2. SerpRobot
  3. Ahrefs
  4. Google Search Console
  5. Alexa

Cara paling mudah menurut penulis untuk melihat ranking website dengan menggunakan aplikasi Alexa Rank. Anda bisa berkunjung ke situs resmi Alexa.

Alexa Rank adalah situs yang memberikan ranking atas sebuah website atas dasar data jumlah trafik dan kualitas trafik. Semakin kecil peringkat website maka semakin bagus ranking website tersebut. Untuk mendapatkan peringkat terbaik di Alexa tentu saja sebuah website atau blog harus sering diupdate, bounce rate rendah dan mempunyai trafik tinggi yang setia maupun baru.

Perusahaan Alexa Rank berdiri di negara Amerika Serikat tepatnya California di tahun 1996. Perkembangan perusahaan menampilkan kinerja bagus. Sehingga Amazon membeli perusahaan ini di tahun 1999. Produknya yang populer adalah Alexa Rank yang berguna untuk melihat peringkat website di seluruh dunia berdasarkan data yang terkumpul dalam segi jumlah, pageviews dan kualitas pengunjung pada suatu website.

Para pengiklan atau advertising tentu tak sembarangan memilih website untuk menampilkan iklannya. Mereka melihat peringkat website tersebut. Salah satunya dengan melihat peringkat dan data pengunjung bersumber dari data Alexa Rank. Semakin baik peringkat website di Alexa Rank maka semakin mahal harga iklannya. Oleh sebab itu, semua pemilik blog atau website berlomba-lomba mendapat peringkat yang tinggi di Alexa Rank.

Berikut ini cara cek peringkat website menggunakan Alexa Rank yaitu berkunjung ke situs resmi Alexa. Geser halaman sampai ke bawah dan menemukan Browse Top Sites. Pada kolom “or search for a site” masukan nama link website anda. Lalu tekan tombol “Find” yang berada di bawahnya. Anda bisa melihat diurutan berapa peringkat website sobat beserta data sites linking in, bounce rate, daily pageviews per visitor, site metric, search trafic dan lain-lain.

Pentingnya Optimasi SEO

Masih banyak orang di luar sana yang belum mengetahui apa itu SEO dan bagaimana pentingnya SEO. Sebagian pemilik toko online mereka mengandalkan trafik yang berasal dari iklan adwords. Trafik yang tertarget dapat diraih dalam waktu singkat dan banyak. Namun semua itu tidak gratis dan membutuhkan biaya besar. Untuk itulah diperlukan keterampilan SEO yang berguna supaya website toko online dapat menduduki peringkat teratas di mesin pencarian google tanpa biaya iklan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa SEO itu sulit dan hanya orang yang ahlinya bisa menjalankannya. Orang awam tidak bisa menguasai SEO. Pemikiran tersebut tak selamanya benar. Karena teknik SEO merupakan sebuah keterampilan yang bisa dipelajari setiap orang. Setiap orang dapat menguasai SEO. Tentu bagi pemula bisa memulai mempelajari teknik SEO dari yang paling dasar.

Berkaitan dengan pentingnya SEO sudah kita ketahui bersama yakni untuk meningkatkan penghasilan, meningkatkan peringkat dan meningkatkan pengunjung. Lalu bagaimana caranya? Pada awalnya penulis tidak memperdulikan teknik SEO dalam website yang penulis miliki. Fokus penulis adalah menulis semakin banyak artikel. Tahukah apa yang penulis dapatkan? Kegiatan ngeblog dari tahun 2007 sampai tahun 2019 belum menghasilkan uang. Bagaimana tidak peringkat blog berada di bawah sekali. Beberapa kata kunci tidak terdeteksi dalam blog.

Intinya, menulis artikel sebanyak mungkin di website atau blog tidak menjamin sebuah website dapat naik peringkat di mesin pencarian google. Dibutuhkan teknik SEO yang lebih lengkap lainnya yakni penggunaan kata kunci dalam setiap artikel. Lalu penggunaan backlink yang natural dan efektif.

Penggunaan menulis semakin banyak artikel di blog atau website tak menjamin peringkat website akan naik. Peringkat website akan seperti semula. Terkecuali anda melakukan teknik SEO dengan menggunakan kata kunci dan teknik SEO lain. Sehingga artikel dan website sobat dapat muncul di mesin pencarian di halaman pertama google. Hal inilah yang akan meningkatkan ranking website anda di mata pencarian google.

Teknik SEO yang digunakan para ahli berbeda-beda. Ada teknik white SEO dan black SEO. Dalam satu masa teknik SEO tertentu sudah tak efektif lagi. Hal ini disebabkan algoritma google yang terus berubah-ubah. Yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pencari informasi di Google mendapatkan informasi secara akurat dan tepat.

Saya teringat. Beberapa puluh tahun yang lalu untuk menempati halaman satu google sangat mudah. Anda cukup menulis artikel sebanyak 400 kata yang mengandung kata kunci (keyword) dengan teknik stuffing keyword. Kata kunci disisipkan pada artikel sebanyak mungin dan dapat berhasil menempati ranking paling atas di halaman pencarian google. Sekarang ini keadaannya berbeda. Teknik SEO seperti itu tidak efektif lagi. Kalau anda memaksakan. Bukannya artikel akan nangkring di halaman satu google. Tapi berada di peringkat terbawah. Bahkan dapat terhapus oleh google karena dianggap melakukan perbuatan spam.

Cara Terbaru dan Terlengkap Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat Website Anda

Berikut ini beberapa cara terbaru dan terlengkap teknik SEO paling ampuh untuk meningkatkan peringkat website anda di mata mesin pencarian google, antara lain:

1. Memasang aplikasi Plugin Yoast SEO Aplikasi ini memberikan segala macam fitur untuk membantu peningkatan ranking website dengan menyajikan kualitas SEO yang bagus. Berikut ini fitur yang terdapat di Yoast SEO untuk membantu meningkatkan kualitas SEO website yakni: Analisis konten,verifikasi GWT, permalink, Submit XML Sitemap, mengubah meta description dan title tag. Konten yang dibuat dianalisis secara otomatis dan akan menampilkan sudah sesuai kaidah SEO atau belum.

2. Mendaftarkan website ke Google Search Console Platform ini asalnya bernama Google Webmaster Tools yang disingkat GWT. Anda tentu mengenal dengan platform gratis ini yang wajib dipergunakan oleh pemilik website atau blog untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian google. Dengan tools ini, anda dapat dengan mudah memantau performa blog atau web di mesin telusur google dan dapat mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini beberapa hal di dalam website yang dapat dipantau, antara lain:

  • Halaman web yang memiliki pengunjung paling tinggi
  • Performa web di perangkat ponsel mobile
  • Referring domain
  • Kata kunci yang mengarahkan ke website anda

Bagi anda yang mempunyai blog atau website baru atau belum terdaftar di mesin pencarian google maka anda bisa mendaftarkan blog ataupun website anda ke mesin pencari google. Supaya dapat diindex oleh mesin telusur google. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunjungi halaman Webmaster Tools di google.com/webmasters/tools/. Login menggunanakan akun google.

Kemudian memasukan alamat website. Dilanjutkan pilih Add Properti. Dilanjutkan melakukan verifikasi website yang menunjukan kepemilikan anda terhadap website. Masukkan script pada web anda. Lalu tekan tombol verifikasi. Kemudian kirimkan sitemap atau peta situs kepada google webmaster tool. Klik tambahkan peta situs. Dilanjutkan mengirimkan alamat feed.

3. Membuat sitemap Teknik SEO dasar yang paling ampuh juga meliputi pembuatan site map. Apa itu sitemap? Sitemap adalah kumpulan halaman blog atau web yang bisa dikunjungi mesin pencarian google dan trafik. Manfaat sitemap sangat banyak bagi website. Salah satunya membuat semua halaman website dapat terindeks dan ditemukan secara cepat oleh mesin telusur google.

4. Memasang Google Analytics Teknik SEO yang harus dilakukan selanjutnya adalah memasang platform Google Analytics. Lalu apa bedanya dengan Google Search Console? Google Analytics berguna untuk melihat perilaku atau tabiat trafik website. Sedangkan google search console berguna untuk melihat kinerja website di hasil mesin pencarian google.

5. Meningkatkan kecepatan loading website Salah satu teknik SEO paling mujarab lainnya yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan kecepatan website. Semakin cepat website dapat diakses semakin baik peringkat website tersebut di mata mesin pencarian google. Hal ini juga membuat kualitas blog atau web di mata pengunjung semakin bagus. Sebab pengunjung sangat tidak suka terhadap suatu website yang kecepatan loading sangat lambat. Sebelum membukanya maka mereka menutup website itu.

Berdasarkan riset dari Google umumnya 53 persen pemakai internet lebih menutup website yang memiliki kecepatan loading sangat lambat yakni lebih dari tiga detik. Hal ini membuat pengunjung kecewa dan tak akan mengunjungi website yang loading lama. Oleh karena itu, salah satu cara terbaru meningkatkan peringkat website dengan cara meningkatkan kecepatan loading website atau blog.

6. Melakukan riset Anda jangan berharap mendapatkan banyak trafik atau penjualan tanpa riset. Inilah pentingnya riset untuk meningkatkan trafik sekaligus penjualan. Penulis pernah melakukan membuat artikel pada blog sebanyak mungkin tanpa riset. Namun hasilnya nol. Pengunjung sepi. Inilah kesalahan umum banyak pemula dalam membuat blog atau website tanpa melakukan riset.

Sebelum menulis artikel pada blog atau website sebaiknya anda melakukan riset terhadap kata kunci yang paling banyak dicari orang atau volume pencarian yang sangat tinggi dengan tingkat persaingan keyword yang sangat lemah. Hal ini akan lebih memudahkan website anda muncul di hasil pencarian google dengan keyword tertentu.

7. Membidik kata kunci long tail keyword Kata kunci atau keyword terdiri-dari dua macam yakni long tail keyword dan short tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci yang panjang umumnya memiliki 3 kata atau lebih. Contohnya : “Cara Membuat Kerajinan dari Kertas Bekas”. Sedangkan short tail keyword mempunyai kata kunci yang singkat atau pendek biasanya terdiri dari dua kata atau satu kata. Contoh short tail keyword : “Membuat Kerajinan”.

Teknik search engine optimization merupakan upaya untuk mendatangkan trafik secara organik. Walaupun tingkat pencarian kata kunci long tail keyword sangat rendah, namun sangat efisien untuk mendapatkan pengunjung. Kata kunci long tail keyword lebih besar mendapatkan pengunjung sebesar 70 persen dari short tail keyword.

Dari uraian di atas, salah satu cara efektif dan efisien untuk meningkatkan peringkat website lewat SEO adalah mengisi konten sebanyak mungkin dengan berbagai bidikan kata kunci long tail keyword ketimbang short tail keyword.

8. Membuat konten yang menarik dan terlengkap Pernahkah anda mendengar kalimat ini? Konten adalah raja. Hal ini benar adanya bahwa untuk mendatangkan banyak pengunjung dibutuhkan konten sebanyak mungkin yang menarik dan lengkap. Mesin pencarian google akan memprioritaskan artikel yang membahas secara lengkap untuk berada di peringkat satu mesin pencarian google.

Konten yang lengkap dan menarik itu yang bagaimana? Sebuah konten yang mengandung kata dalam jumlah banyak disertai dengan visualisasi video, infografik dan gambar sebagai ilustrasi. Hal ini semakin membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel sampai selesai. Pembaca yang puas atas konten yang telah dibaca dan merasakan manfaat yang besar bagi orang akan dibagikan artikel itu lewat medsos Facebook, twitter atau instagram. Sehingga menjadi viral dan banyak klik. Dari situlah peringkat website akan naik.

9. Melakukan optimasi gambar Salah satu bagian teknik Seo yang mujarab untuk meningkatkan peringkat web adalah melakukan optimasi gambar. Anda menyertakan gambar pada artikel di blog atau website. Yang kemudian dioptimasi secara otomatis atau manual. Hal ini akan memudahkan dan membantu meningkatkan peringkat artikel berada di peringkat teratas halaman satu google.

10. Memanfaatkan guest post Guest post adalah tulisan artikel yang dibuat di website lain, namun terdapat link yang menuju ke website atau blog sobat. Cara ini hampir sama dengan membuat backlink berkualitas.

11. Internal link dan eksternal link Dalam halaman website anda hendaknya terdapat internal link yang akan menuju ke halaman internal yang satu topik berkaitan. Hal ini akan membantu pengunjung terus berada di website anda hingga tingkat bounce rate rendah dan waktu browsing di website sobat semakin lama.

12. Pemeriksaan link Secara berkala, anda hendaknya melakukan pemeriksaan link. Anda bisa mengecek link di dalam website anda satu persatu. Mungkin ada link yang kedaluarsa, rusak atau tak berfungsi dengan baik. Perbaiki link tersebut hingga berfungsi dengan baik. Link yang kedaluarsa atau rusak akan membuat pengunjung kecewa hingga dapat menurunkan peringkat web.

13. Optimasi meta tag Untuk meningkatkan peringkat website, anda bisa melakukan optimasi meta tag yang meliputi judul artikel, dan meta description.

Itulah yang bisa saya sampaikan cara terbaru dan terlengkap teknik SEO paling ampuh meningkatkan website anda. Apakah semua yang diutarakan di atas sudah cukup membuat peringkat website berada di peringkat pertama Google? Tentu saja tidak cukup. Anda bisa menambahkan dengan teknik Seo terbaru dan terhebat lainnya. Uraian ini mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dapat anda aplikasikan di web untuk memperbaiki ranking website anda berada di urutan teratas pada mesin pencarian google, yahoo, atau bing. Selamat mencoba!