Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat Ya ! Berbagai Pantangan Yang Harus Dihindari Setelah Menjalani Operasi Caesar


Tіdаk іbаrаt mеlаhіrkаn nоrmаl, іbu уаng mеnjаlаnі ореrаѕі саеѕаr mеmеrlukаn wаktu реmulіhаn уаng lеbіh uѕаng. Tеntu, untuk kеmbаlі рulіh ѕеtеlаh ореrаѕі саеѕаr dіlаkѕаnаkаn, tіdаklаh gаmраng. Bаnуаk hаl уаng mеѕtі dіреrhаtіkаn іbu уаng bаru ѕаjа tаmаt mеnjаlаnі ореrаѕі саеѕаr. Bаhkаn, аdа bеbеrара раntаngаn ѕеѕudаh ореrаѕі саеѕаr уаng mеѕtі dіjаlаnkаn іbu ѕuрауа сераt рulіh. Aра ѕаjа hаl уаng dіhеntіkаn dіjаlаnkаn оlеh іbu ѕеhаbіѕ ореrаѕі саеѕаr?


Berbagai pantangan setelah operasi caesar yang mesti ibu ketahui

Sesaat sehabis operasi caesar, mungkin Anda tidak eksklusif diizinkan untuk pulang ke tempat tinggal dan diminta untuk menghabiskan beberapa hari untuk dirawat di rumah sakit. Saat di rumah sakit, Anda akan dirawat dengan baik oleh tim medis Anda.

Namun, sewaktu sudah di rumah, Anda mesti merawat diri sendiri semoga cepat pulih dan kembali beraktivitas dengan masuk akal . Faktanya, rata-rata wanita membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk kembali pulih sesudah operasi. Tentu, bila ajuan dilaksanakan dengan benar dan pantangan disingkirkan jauh-jauh.

Lalu, apa saja hal yang pantang dikerjakan sesudah operasi caesar berhasil dijalankan?

Pantangan program fisik sehabis operasi caesar

1. Melakukan kegiatan fisik yang berat

Tentu, Anda tidak diperbolehkan untuk melaksanakan acara fisik atau olahraga yang berat, mirip senam aerobik, bersepeda, dan berenang. Tapi, bukan memiliki arti Anda boleh duduk atau berdiam sehari penuh di rumah. Anda bisa melaksanakan program fisik yang membuat tubuh Anda tetap bergerak seperti jalan kaki.

2. Berhubungan seksual dengan pasangan

Para andal merekomendasikan untuk tidak melakukan kekerabatan seks dalam waktu 6 ahad sehabis operasi. Ketika itu, rahim telah pulih kembali dan umumnya perdarahan sudah berhenti sepenuhnya. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi sehabis operasi caesar akan menciptakan Anda kurang agresif. Maka dari itu, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembalikannya menjadi wajar .

3. Kurang tidur

Meski memang sukar untuk menertibkan waktu tidur alasannya Anda harus merawat bayi Anda yang baru lahir dan memberikannya ASI langsung, tetapi Anda mesti pinta-pandai mencari waktu luang untuk beristirahat sendiri.

4. Membawa barang yang berat

Hindari menjinjing barang yang beratnya melebihi bayi Anda, lantaran hal ini akan memengaruhi luka operasi.

Pantangan dalam merawat luka setelah operasi caesar

1. Tidak menjaga kebersihan diri

Hal yang mesti diingat ketika Anda sudah diizinkan pulang oleh dokter merupakan menjaga luka operasi agar tetap bersih. Anda memang tidak perlu mengganti perban luka jahitan sendiri – lazimnya akan dijalankan dikala Anda kendali ke dokter, yang perlu Anda kerjakan hanyalah mempertahankan kebersihan diri. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menetapkan bahwa area luka tetap bersih.

2. Membasahi luka bekas operasi

Biasanya, jahitan operasi caesar akan dicabut 2-3 miggu kemudian. Hal ini membuat Anda mesti menjaga semoga jahitan tetap kering, sehingga pemulihan luka akan cepat terjadi.

Pantangan masakan dan minuman sesudah operasi caesar

1. Diet ketat

Sebenarnya, tak ada masakan atau minuman yang benar-benar harus Anda hindari. Tetap melaksanakan pembatasan makanan yang sehat sudah cukup membantu proses pemulihan. Hindari melaksanakan pembatasan makanan ketat sehabis operasi caesar. Meskipun Anda menghendaki berat tubuh Anda kembali wajar , tetapi menjalani pembatasan makanan ketat tidak hanya membuat proses pemulihan semakin usang, namun juga memengaruhi mutu ASI Anda.

2. Kurang makan serat dan kurang minum

Banyak yang mengalami sembelit atau sulit BAB sesaat sesudah operasi. Hal ini akan menciptakan Anda tidak tenteram. Apalagi ketika Anda mengejan (ngeden) lebih keras, maka akan mengakibatkan rasa sakit pada luka operasi. Makara, untuk menghalangi hal ini, perbanyak makan kuliner berserat dan minum air putih yang cukup.

Sumbеr: hеllоѕеhаt.соm